Komputer Dalam Pembelajaran Fisika
Makalah
Ini Disusun Untuk Memenuhi
Tugas Kelompok
Disusun Oleh :
KELOMPOK 2
:
Helsy
Dinafitri (06121011020)
Nia
Nopeliza (06121011021)
DOSEN PEMBIMBING :
Dr. Ketang Wiyono, S.Pd., M.Pd.
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU
PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SRIWIJAYA
2013/2014
KATA
PENGANTAR
Microsoft
word adalah program yang sangat popular di Indonesia saat ini, dan telah
menjadi standar bagi kantor-kantor modern. Hal ini karena kemudian dalam
mengoperasikan, dan banyaknya fasilitas. Mulai dari pembuatan naskah sederhana
sampai yang rumit dapat di tangani dengan mudah oleh word.
Makalah ini di tujukan untuk dapat menguasai Ms. Word dengan
mudah dan cepat. Disusun dengan urutan dari memformat halaman (setup halaman),
membuat naskah yang sederhana, memformat dokumen, fasilitas-fasilitas bantu
untuk memudahkan mempercepat pekerjaan, pembuatan tabel dan seterusnya.
Semuanya disusun dengan urutan langkah disertai contoh soal.
Memang makalah ini ditujukan untuk pegangan dalam mengikuti
kursus, sehingga berbagai variasi mungkin akan ditemukan dalam pertemuan
dikelas, tergantung dari keaktifan perserta. Namun demikian juga akan mudah
dipakai untuk mengulang pelajaran di rumah.
Di harapkan peserta dapat mengembangkan kemampuan-kemampuan
dan petunjuk umum agar dapat mengerjakan bentuk-bentuk naskah sejenis.
Akhirnya kami berharap semoga makalah ini dapat bermanfaat.
Penyusun.
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR.......................................................................... i
DAFTAR ISI......................................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN................................................................... 1
1.1 Latar
Belakang................................................................................. 1
1.2 Tujuan.............................................................................................. 1
1.3 Manfaat............................................................................................ 1
BAB II PEMBAHASAN..................................................................... 2
2.1 Sejarah
Microsoft Word.................................................................. 5
2.2 Pengertian
Microsoft Word............................................................ 5
2.3 Fungsi
Microsoft Word................................................................... 5
2.4 Memulai Mengoperasikan
Microsoft Word.................................... 7
2.5 Toolbar Menu.................................................................................. 13
.... 2.6 Pengoperasian
Microsoft word........................................................17
BAB III PENUTUP............................................................................. 37
3.1 Kesimpulan..................................................................................... 37
3.2 Saran............................................................................................... 37
DAFTAR PUSTAKA......................................................................... 38
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG
Pada saat ini kemajuan teknologi,
menyebabkan kebutuhan manusia semakin bertambah, terdapat keterkaitan antara
kemajuan teknologi dengan bertambahnya kebutuhan manusia, yaitu kebutuhan
manusia menjadi lebih mudah untuk dipenuhi.
Secara tidak lansung manfaat dari
berkembangnya teknologi adalah membantu manusia dalam memenuhi kebutuhan
hidupnya. Seperti aplikasi microsoft office, aplikasi ini sangat membantu para
pekerja kantoran, mahasiswa, pelajar, dan masih banyak lagi. Salah satu bagian dari microsoft office adalah
mincrosoft office word.
B. Tujuan
Setelah membaca makalah ini, pembaca
diharapkan untuk dapat :
1.
Memehami cara memulai, menjalankan,
dan mengakhiri perangkat lunak microsoft office word.
2.
Mengoperasikan fungsi menu-menu
microsoft office word.
3.
Mengoperasikan perintah cetak pada
microsoft office word.
4.
Mampu menggunakan / mengaplikasikan
penggunaan microsoft office word dalam kehidupan sehari-hari.
C. Manfaat
Setelah mempelajari makalah ini, diharapkan untuk dapat :
1. Memahami cara
mengoperasikan.
2. Mengoperasikan fungsi
menu-menu yang ada.
3. Menggunakan fungsi mencetak
hasil pengolahan,dan
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Sejarah
Microsoft office
Microsoft
office adalah sebutan untuk paket aplikasi perkantoran buatan Microsoft dan
dirancang untuk dijalankan di bawah sistem operasi Windows. Beberapa aplikasi
di dalam Microsoft Office yang terkenal adalah Excel, Word, Access dan
PowerPoint.
Microsoft
Word atau Microsoft Office Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word
processor) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama
Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk
berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX,
OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft
Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word.
Perkembangan
1.
Microsoft Office 3.0
Microsoft Office
3.0 dirilis pada bulan Agustus 1992, berisi Word 2.0, 4.0 Excel, PowerPoint 3.0
dan Mail 3.0. Ini adalah versi pertama Office yang juga dirilis pada CD-ROM.
Pada tahun 1993, Microsoft Office Professional dirilis, yang ditambahkan
Microsoft Access 1.1.
2.
Microsoft Office 4.0, 4.1, 4.2
Microsoft Office
4.0 dirilis berisi Word 6.0, 4.0 Excel, PowerPoint 3.0 dan Mail. Word 6.0
sebagian sudah ada versi Macintosh Word 3, 4 dan 5 (Excel dan PowerPoint sudah
bernomor sama dengan versi Macintosh).
3.
Microsoft Office 95
Dirilis pada
bulan Agustus 1995. Sekali lagi, nomor versi yang diubah untuk menciptakan
paritas di paket . Office 95 tersedia dalam dua versi, Office 95 Standard dan
Office 95 Professional. Versi standar terdiri dari Word 7.0, Excel 7.0, 7.0
PowerPoint, dan Schedule + 7.0. Edisi profesional berisi semua item dalam versi
standar ditambah Access 7.0. Jika versi profesional dibeli dalam bentuk CD-ROM,
juga termasuk Bookshelf.
4.
Microsoft Office 97
Versi ini
dirilis dengan banyak fitur dan pengembangan dibandingkan versi sebelumnya.
Pengenalan terhadap command bar, sesuatu hal yang baru dimana menu dan toolbar
dibuat lebih mirip dengan visual design-nya. Office 97 juga memiliki fitur
Natural Language System dan Sophisticated Grammar Checking. Ini versi yang
pertama kalinya menggunakan Office Assistant.
5.
Microsoft Office 2000
Pada versi ini
banyak opsi – opsi disembunyikan. Tentunya opsi tersebut juga penting, tetapi
kecil penggunaannya oleh orang awam. Jika ingin digunakan opsi ini dapat
dimunculkan. Salah satunya adalah Macro. Mengapa disembunyikan? Karena bisa
menyebarkan virus macro. Office 2000 adalah versi terakhir yang bisa dijalankan
di Windows 95. Pada versi ini juga tidak ada Product Activation. Enak kan?
Product activation mulai ada di versi selanjutnya.
6.
Microsoft Office XP (2002)
Dirilis
bersamaan dengan Windows XP, dan merupakan upgrade besar dengan berbagai
perangkat tambahan dan perubahan atas Office 2000. Office XP memperkenalkan fitur
Safe Mode, yang memungkinkan aplikasi seperti Outlook untuk boot jika
dinyatakan mungkin gagal. Kantor Safe Mode memungkinkan untuk mendeteksi dan
memperbaiki atau memotong sumber masalah, seperti registry yang rusak atau
rusak add-in. Tag Smart adalah sebuah teknologi diperkenalkan dengan Office XP.
Beberapa tag cerdas beroperasi berdasarkan aktivitas pengguna, seperti membantu
dengan kesalahan mengetik. Tag ini pintar yang disertakan dengan produk, dan
tidak diprogram. Untuk pengembang, meskipun, ada kemampuan untuk membuat tag
kustom cerdas. Dalam Office XP, tag kustom pintar bias bekerja hanya dalam Word
dan Excel. Microsoft Office XP termasuk perintah suara terintegrasi dan
kemampuan dikte teks, serta pengenalan tulisan tangan. Office XP adalah versi
terakhir untuk mendukung Windows 98, ME dan NT 4.0. Ini adalah versi pertama
membutuhkan Aktivasi Produk sebagai tindakan anti-pembajakan, yang menarik
kontroversi luas.
7.
Microsoft Office 2003 S
Sesuai namanya,
versi ini dirilis pada tahun 2003. Dengan fitur logo baru. Dua aplikasi baru
juga ada yaitu, Microsoft InfoPath dan OneNote. Ini versi yang pertama kalinya
menggunakan gaya Windows XP beserta Icon-nya. Outlook 2003 memberikan fungsi
yang telah berkembang seperti Kerberos authentication, RPC over HTTP, dan
Cached Exchange Mode. Pada versi ini juga ada penyaring junk mail yang telah
dikembangkan. Office 2003 merupakan versi terakhir yang mendukung Windows 2000.
Versi ini juga merupakan versi yang paling banyak dipakai di Indonesia terutama
untuk Rental dan Warnet dalam kurun
waktu terakhir 2009.
8.
Microsoft
Office 2007
Dirilis pada
tahun 2007. Fitur baru Office 2007 ini termasuk antarmuka pengguna grafis baru
yang disebut Fluent User Interface, menggantikan menu dan toolbar yang telah
menjadi landasan Kantor sejak awal dengan toolbar tab, yang dikenal sebagai
Pita; baru format file berbasis XML yang disebut Open Office XML, dan masuknya
Groove, aplikasi perangkat lunak kolaboratif.
9.
Microsoft Office 2010
Diselesaikan
pada tanggal 15 April 2010, dan dibuat tersedia bagi konsumen pada tanggal 15
Juni 2010. Office 2010 diberi nomor versi 14,0, untuk menghindari nomor versi
13.0 karena takhayul yang berhubungan dengan nomor tiga belas. Fitur utama dari
Office 2010 termasuk menu file belakang panggung, alat-alat kolaborasi baru,
pita disesuaikan, melihat dilindungi dan panel navigasi. Microsoft Office 2010
juga dilengkapi dengan logo baru, yang mirip dengan logo 2007, kecuali di emas,
dan dengan bentuk yang sedikit dimodifikasi.
10.
Microsoft Office 13
Office 2013 lebih
berbasis cloud dari versi sebelumnya. Hal ini terkenal sebagai lokasi default
save adalah pengguna SkyDrive . Microsoft Office 2013 termasuk dukungan
diperbarui untuk ISO / IEC 29500, versi Standar Internasional Office Open XML
(OOXML) format file serta OASIS ODF 1.2 yang Office 2013 dapat membaca dan
menulis. Fitur baru juga termasuk modus Baca baru di Word, mode Presentasi
dalam PowerPoint dan sentuhan ditingkatkan dan tinta dalam semua program
Office. Microsoft Word juga dapat menyisipkan video dan audio dari sumber
online serta kemampuan untuk menyiarkan dokumen di Web
B. PENGERTIAN MICROSOFT WORD
Microsoft
Word atau Microsoft Office Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word
processor) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama
Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk
berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX,
OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft
Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word.
C.
FUNGSI MICROSOFT WORD
Sebagaimana yang kita ketahui, MS
WORD dipergunakan untuk membantu pembuatan dokumen berupa laporan ataupun
makalah. Namun, adakalanya kita lupa memanfaatkan berbagai fasilitas yang ada dalam
MS WORD, padahal dengan memanfaatkan fasilitas tersebut dapat membantu
mempercepat pembuatan dokumen. Oleh karena itu, tulisan ini bertujuan untuk
mengingatkan kembali (terutama untuk saya pribadi) berbagai fasilitas yang ada
dalam MS WORD.
- Jenis huruf
Agar
dokumen yang dihasilkan tidak terlalu banyak mengalami editing dalam masalah
“font”, sebaiknya tentukan dulu default font yang akan dipergunakan. (Menu
Home+ Font)
- Pembuatan Numbering
Biasanya,
pembuatan suatu dokumen mengacu kepada peraturan tertentu dalam pembuatan
dokumen (misal Bab I Pendahuluan, Bab II Tinjauan Pustaka). Oleh karena itu,
harus didefinisikan terlebih dahulu mengenai numbering yang sesuai dengan
peraturan pembuatan suatu dokumen.
3. Pembuatan Outline
Biasakan
bekerja dengan dokumen view berupa Outline. (Menu View + Document Views +
Outline). Hal ini akan memudahkan kita untuk membuat poin-poin penting yang
akan dituangkan dalam dokumen. Pembuatan dokumen dalam bentuk outline, minimal
sampai dengan level 3. Ada kalanya pada saat perpindahan dari level 1 ke level
2 kita diharuskan untuk mengubah list level (Menu home+ Multiple List+Change
List Level)
- Pemakaian Break Section
Biasanya
dalam suatu dokumen terdapat perbedaan jenis penomoran halaman untuk tiap
section (misalnya : halaman sampul biasanya tidak ada nomor halaman, Kata
Pengantar & Daftar Isi & Daftar Tabel diberi nomor halaman jenis “i,
ii, iii,…” , Bab I dst diberi nomor jenis “1,2,3…”) Oleh karena itu untuk
setiap pergantian jenis halaman tersebut diberikan break section. ( Menu Page
Layout +Break +Next Page).
- Penomoran Halaman
Seperti
yang telah disebut pada poin 4, maka penomoran halaman akan menggunakan
fasilitas break section. Setiap section diberi nomor halaman seperti yang
dikehendaki ( Menu insert + Page Number + Format Page Number + Page numbering +
start at … kemudian pilih letak nomor halaman bottom atau top of page)
khusus halaman sampul, biasanya tidak ada nomor halaman, oleh karena itu
header/footer nya perlu diedit (Menu insert + header/footer + edit header/footer
+ Design + pilih different first page)
- Pembuatan Daftar Tabel
Tabel/Gambar/Bagan
yang dibuat diusahakan diberi caption yang terdiri dari judul bab dan nomor
gambar. (Menu References + insert Caption… pada option pilih label yang
diinginkan, hilangkan tanda centang pada exclude label from caption). Untuk
pembuatan daftar tabel/gambar/bagan maka pilih menu references + insert table
of figures) maka daftar tabel dapat muncul secara otomatis. Apabila ada
perubahan posisi halaman pada tabel/gambar/bagan, maka daftar tabel tinggal
diklik kanan pilih update field.
- Pembuatan Daftar Isi
Pembuatan
daftar isi secara otomatis adalah dengan memilih references + table of
contents. Apabila ada perubahan dalam letak halaman maka daftar isi tinggal di
update (sama seperti update daftar tabel)
- Editing dengan Document Map
Agar
editing yang dilakukan dapat dilakukan dengan cepat maka dapat memanfaatkan
fasilitas document map (Menu View + document map). Dengan fasilitas ini,
perpindahan halaman yang akan diedit dapat berlangsung lebih cepat)
Memulai
Mengoperasikan Microsoft Word
1.
Membuka Microsoft Word
Untuk
membuka Microsoft Word, ada beberapa cara , Diantaranya adalah :
a. Klik
Tombol Start yang ada di taskbar.
b. Pilih
menu Program
c. Kemudian
pilih dan klik program aplikasi Microsoft Word.Tunggu sampai jendela program
Microsoft Word ditampilkan.
A. Membuat Dokumen Baru
Jika kita baru memulai mengoperasikan
Microsoft Word, biasanya akan langsung ditampilkan dokumen kosong yang siap
untuk ditulisi. Namun, jika komputer tidak secara otomatis menyediakan dokumen
kosong, cara berikut ini bisa menjadi alternatif dalam membuat dokumen baru.
1.
Pada jendela Microsoft Word
, pilih menu File, klik tombol New, kemudian klik tombol General.
2.
Double klik pada icon Blank
Document untuk membuat dokumen baru.
3.
Jendela siap untuk
digunakan pengetikan.
Atau bisa juga menggunakan alternatif lain :
1.
Klik tombol New Document
yang ada pada baris menu.
2.
Pada jendela program
Microsoft Word, dapat kita pilih menu File | New, maka setelah kita memilih
Blank Document, dokumen kosong akan ditampilkan pada layar komputer anda.
3.
Selain kedua alternatif di
atas, bisa juga dengan langsung menekan tombol Ctrl+N, maka dokumen baru akan
ditampilkan di layar anda.
B. Membuka file yang sudah
tesimpan
1.
Klik menu File dan klik
tombol Open, maka akan tampil kotak dialog Open.
2.
Pilih file yang ingin
dibuka dengan menentukan letak foldernya terlebih dahulu.
3.
Klik pada nama file yang
akan dibuka.
4.
Klik tombol Open, maka file
yang tadi dipilih akan dibuka oleh Microsoft Word.
C. Menyimpan Dokumen
1.
Segera setelah memulai
pengetikan, sebisa mungkin dilakukan penyimpanan. Hal ini dimaksudkan untuk
menjaga kemungkinan kehilangan dokumen.
2.
Pada jendela Microsoft Word
, pilih menuFi l e, klik tombol Save.
3.
Pada layar akan ditampilkan
kotak dialog Save. Ketikkan nama file dokumen, dan klik Save. Lakukan
penyimpanan file sesering mungkin, untuk menghindari kemungkinan komputer padam
secara mendadak.
D. Menutup File Dokumen
1.
Setelah menyimpan file
dokumen, untuk menutup file, pada jendela Microsoft
Word, pilih menuFile, klik tombol Close, maka Microsoft Word akan menutup
file dokumen yang sedang aktif.
Word, pilih menuFile, klik tombol Close, maka Microsoft Word akan menutup
file dokumen yang sedang aktif.
2.
Atau bisa dilakukan dengan
menekan tombol close pada baris menu.
E. Menutup Jendela Microsoft
Word
1.
Pada jendela Microsoft
Word, pilih menuFile, klikExit, maka jendela Microsoft Word akan tertutup.
2.
Pastikan bahwa dokumen yang
telah anda ketik sudah tersimpan dengan benar.
3.
Selain dengan menu File,
menutup jendela Microsoft Word juga dapat dilakukan dengan mengklik tombol X
yang terletak di pokok kanan atas dari jendela Microsoft Word.
F.
Mengetik
Dokumen Sederhana
Pada saat memulai program aplikasi Microsoft
Word , secara otomatis, dokumen baru yang masih kosong yang diberi nama
Document1 akan ditampilkan dan siap digunakan.Setiap mengetikkan teks, teks
yang Anda ketik akan muncul di posisi kursor dan kursor akan bergeser ke kanan.
Anda dapat memindahkan kusor dengan keyboard atau mouse. Jika teks yang yang
sedang anda ketik mencapai akhir dari baris, maka teks tersebut akan dilipat
dan kursor secara otomatis pindah ke awal baris berikutnya. Bila perlu tekan
tombolEn ter untuk memindahkan titik sisip ke baris berikutnya., hanya jika
anda ingin memulai pengetikan di baris baru sbelum mencapai batas kanan,
membuat baris kosong atau memulai paragraf baru.
Microsoft Word mendefinisikan sebuah paragraf
sebagai sejumlah karakter, kata, atau kalimat yang diakhiri dengan tanda
paragraf. Tanda paragraf akan disisipkan pada waktu anda menekan tombolEn ter.
Tanda paragraf ini penting untuk mengetahui di mana suatu paragraf dimulai dan
berakhir pada dokumen anda. Dalam keadaan defaultnya, tanda paragraf ini tidak
ditampilkan. Sebagai contoh, cobalah untuk mengetik surat sederhana berikut
pada Dokumen 1 yang masih kosong, dan simpan dokumen tersebut dengan nama
Undangan Training.
G.
Mengedit
Teks
Jika anda membuat kesalahan selam proses
pengetikan, Anda dapat
memperbaikinya dengan berbagai cara berikut ini :
memperbaikinya dengan berbagai cara berikut ini :
·
Tekan tombol Backs Space
untuk menghapus satu karakter di kiri titik sisip.
·
Tekan tombol Delete untuk
menghapus karakter di kanan titik sisip.
·
Untuk melakukan pengulangan
dari teks yang baru Anda ketik, pilih menu Edit, Repeat Typing (Ctrl+Y).
·
Untuk menghapus teks yang
baru saja Anda ketik, pilih dan klik menu Edit, Undo Typing (Ctrl+Z) atau klik
tombol Undo pada toolbar Standard.
·
Untuk pindah ke baris baru
tanpa menyisipkan sebuah tanda paragraf, tekan tombol Shift+Enter.
H.
Meng-Copy
/ Menyalin Teks
Untuk menyalin teks yang Anda pilih ke lokasi lain, ikuti
langkah berikut ini :
1.
Pilih teks yang akan Anda
salin.
2.
Kemudian pilih dan klik
menu Edit, Copy (Ctrl+C).
3.
Tempatkan titik sisip di
lokasi baru.
4.
Kemudian pilih dan klik
menu Edit, Paste (Ctrl+V).
I.
Men-Delete
/ Menghapus Teks.
Untuk menghapus teks yang telah Anda pilih,
ikuti langkah berikut ini.
1.
Pilih teks yang akan anda hapus.
2.
Kemudian pilih dan klik
menu Edit, Clear atau tekan tombol Delete.
J.
Meng-Cut-Paste/Memindahkan
Teks.
Untuk memindahkan teks yang Anda pilih ke
lokasi yang baru, ikuti langkah
berikut ini :
berikut ini :
1.
Pilih teks yang akan Anda
pindahkan
2.
Kemudian pilih dan klik menu
Edit, Cut (Ctrl+X).
3.
Tempatkan titik sisip pada
lokasi baru.
4.
Kemudian pilih dan klik
menu Edit, Paste (Ctrl+V).
K.
Format
Teks
·
Pilih atau sorot teks yang
akan anda format, kemudian atur formatnya sesuai yang anda inginkan.
·
Tempatkan titik sisip pada posisi
awal pengetikan teks,atur formatnya, kemudian ketik teks yang Anda inginkan.
Dengan cara ini, semua teks yang Anda ketik
mulai dari posisi titik sisip akan mengikuti format yang Anda pilih sampai Anda
melakukan perubahan kembali ayau memindahkan posisi titik sisip ke bagian lain
pada dokumen.
L.
Mengubah
Jenis dan Bentuk Huruf (Font)
Setiap jenis dan bentuk huruf (Font)
mempunyai nama, misalnya Arial, Times, Courier, dan lain-lain. Untuk mengubah
Font dari teks yang sebelumnya adalah :
·
Pilih atau sorot teks yang
akan Anda ubah fontnya.
·
Pilih dan klik font yang
Anda inginkan pada tombol daftar pilihan font yang
terdapat pada baris toolbar Formatting atau tekan tombolCtrl+S h if t+F.
terdapat pada baris toolbar Formatting atau tekan tombolCtrl+S h if t+F.
M.
Mengubah
Ukuran Huruf (Font Size)
Semua teks yang anda ketikkan pada dokumen
baru dengan menggunakan template Blank Document akan memakai pilihan default
font Times New Roman dengan ukuran huruf 10 point. Untuk mengubah ukuran huruf
(font size) dari teks yang sebelumnya anda ketik, ikuti langkah berikut ini :
§ Pilih
atau sorot teks yang akan anda ubah ukurannya.
§ Pilih
dan klik ukuran yang anda inginkan pada tombol daftar pilihan Font Size yang
terdapat pada baris toolbar formatting atau tekan tombol Ctrl+Shift+P.
N.
Mengatur
Format Paragraph
Dalam Microsoft Word, paragraf adalah segala sesuatu yang
diakhiri dengan menekan tombolEn ter. Paragraf mungkin berupa judul laporan,
bagian suatu daftar, baris kosong di antara dua paragraf, sekumpulan teks atau
kalimat yang mempunyai satu pemikiran. Anda dapat mengatur format paragraf
dengan
menggunakan salah satu cara berikut ini :
menggunakan salah satu cara berikut ini :
§ Pilih
paragraf yang akan anda format, kemudian atur formatnya sesuai dengan keinginan
anda.
§ Tempatkan
pada titik sisip pada posisi awal pengetikan paragraf atau
formatnya, kemudian ketik paragraf yang Anda inginkan. Dengan cara ini,
semua paragraf yang anda ketik mulai dari posisi titik sisip akan mengikuti
format yang anda pilih sampai anda melakukan perubahan kembali atau
memindahkan posisi titik sisip ke bagian lain pada dokumen.
formatnya, kemudian ketik paragraf yang Anda inginkan. Dengan cara ini,
semua paragraf yang anda ketik mulai dari posisi titik sisip akan mengikuti
format yang anda pilih sampai anda melakukan perubahan kembali atau
memindahkan posisi titik sisip ke bagian lain pada dokumen.
O.
Mencetak
Dokumen
Apabila anda ingin mencetak dokumen anda,
dokumen tersebut harus sudah diaktifkan atau ditampilkan di layar. Untuk
mencetak dokumen yang sedang aktif di layar, ikuti langkah berikut ini :
1.
Pilih dan klik menu File,
Print (Ctrl+P). Kotak dialog Print akan ditampilkan.
2.
Pada tombol daftar
pilihanName, pilih dan klik printer driver yang anda inginkan.
3.
Anda dapat menentukan
halaman yang akan anda cetak, dengan cara melakukan pemilihan dan pengisian
pada kotak Page Range.
•
Klik tombol pilihan All, jika Anda bermaksud mencetak seluruh isi dokumen.
• Klik tombol pilihan Selection , bila Anda ingin mencetak teks yang anda pilih.
• Klik tombol pilihan Selection , bila Anda ingin mencetak teks yang anda pilih.
4.
Apabila anda ingin mencetak
dokumen tersebut lebih dari sati kali, isilah kotak isian Number of Copies
dengan jumlah salinan yang anda inginkan.
5.
Pada tombol daftar pilihan
Print what, pilih Document bila ingin mencetak isi dokumen.
6.
Tentukan halaman yang akan
dicetak pada tombol pilihan Print.
•
All pages in range, bila anda ingin mencetak halaman ganjil maupun halaman
genap.
•
Odd pages, jika Anda ingin mencetak halaman ganjil saja.
•
Even pages,
7.
Klik OK.
P.
Mengakhiri
Microsoft Word
Setalah seluruh kegiatan pengetikan,
pengeditan, dan juga pencetakan dokumen selesai, maka kita dapat mengakhiri
operasi Microsoft Word setelah terlebih dahulu kita memastikan bahwasannya
dokumen sudah tersimpan dengan baik. Jika belum, maka simpanlah dokumen yang
telah anda ketik dan edit erlebih dahulu, baru kemusian keluar dari Microsoft
Word.
Untuk keluar dari Microsoft Word, dapat
dipilih di antara cara-cara berikut ini :
1.
Pilih dan klik tombol pada
menu File, Exit .
2.
Klik tombol bertanda silang
pada pojok kanan atas jendela Microsoft Word.
3.
Tekan Alt +F4
TOOL BAR MENU
Q.
Bagian-bagian
yang ada pada Microsoft word beserta fungsinya
Secara umum, Office Button terdiri dari dua area,
yaitu area kiri dan area kanan. Area kiri berisi perintah seperti New, Open,
Save, Save As, Print, Prepare, Send, Publish, dan Close. Sedangkan di area
kanan berisi pintasan file dokumen yang baru-baru ini dibuka. Pada bagian bawah
flyout ini terdapat dua tombol perintah, yaitu Word Option (digunakan untuk
melakukan properti terhadap
R.
MS Word 2007) dan Exit Word (digunakan
S.
untuk menutup jendela MS Word). Berikut ini
T.
adalah contohnya.
U.
Nama Icon Keterangan
V.
New digunakan untuk membuat file dokumen kosong
W.
baru
X.
Open digunakan untuk membuka file dokumen yang
Y.
tersimpan
Z.
Save perintah untuk menyimpan file dokumen aktif
AA.
Save As digunakan untuk menyimpan file dokumen ke
BB.dalam format tertentu
CC.Print digunakan untuk mencetak file dokumen yang
DD.
sedang aktif
EE. Prepare
digunakan untuk melakukan properti khusus
FF. terhadap
file dokumen aktif
GG.
Send digunakan untuk mengirimkan file dokumen
HH.
aktif sebagai email / faksimile
II.
Publish perintah untuk menerbitkan dokumen aktif ke
JJ.
website / blog / dll
KK.
Close digunakan untuk menutup file dokumen aktif
LL. Tab Home
terdiri dari lima Group yaitu,
MM.
Clipboard, Font, Paragraph, Styles dan
NN.
editing.
OO.
Group Clipboard terdiri dari sekumpulan menu
PP. yaitu:
QQ.
Paste : untuk menempelkan hasil copy atau cut.
RR.Cut : untuk memotong teks/objek terpilih.
SS. Copy :
untuk menggandakan teks/objek
TT. terpilih.
UU.
Format Painter : digunakan untuk meniru
VV.
format halaman dokumen ke dalam dokumen
WW.
lainnya.
XX.
* Tombol panah kecil di sudut kanan-bawah
YY.
setiap Group digunakan untuk mengakses
ZZ. pengaturan
lanjutan mengenai fungsi suatu
AAA.
Group.
BBB.
Menu-menu di Group Font secara khusus
CCC.
berfungsi untuk pemformatan seputar huruf.
DDD.
Terdiri dari :
EEE.
Font : untuk memilih jenis huruf
FFF.
Font Size : untuk mengatur ukuran huruf
GGG.
Grow Font : untuk memperbesar ukuran huruf
HHH.
secara instan
III.
Shrink Font : untuk memperkecil ukuran huruf
JJJ. secara
instan
KKK.
Change Case : untuk mengubah status huruf
LLL.
kapital/huruf kecil
MMM.
Clear Formatting : untuk menghapus
NNN.
pemformatan teks terpilih
OOO.
Bold : untuk menebalkan teks terpilih
PPP.
Italic : untuk memiringkan Teks terpilih
QQQ.
Underline : untuk memberikan garis bawah
RRR.
pada teks terpilih
SSS.
Strikethrough : memberikan tanda coret
TTT.
padateks terpilih
UUU.
Subscript : untuk mengetik karakter
VVV.
pemangkatan
WWW.
Superscript : untuk mengetik karakter
XXX.
pemangkatan
YYY.
Text Effect : untuk memberikan efek artistik
ZZZ.
pada teks terpilih
AAAA.
Text Highlight Color : untuk memberikan
BBBB.
warna stabilo di belakang teks terpilih
CCCC.
Font Color : untuk mengatur warna teks
DDDD.
terpilih.
EEEE.
Group Paragraph terdiri dari sekumpulan menu
FFFF.
yang memiliki kesamaan fungsi untuk mengatur
GGGG.
paragraf teks. perintah-perintah di Group
HHHH.
Paragraph yaitu:
IIII.Bullets : untuk memberikan tanda bullet di
JJJJ.
tiap paragraf terpilih
KKKK.
Numbering : untuk memberikan format
LLLL.
penomoran di tiap paragraf terpilih
MMMM.
Decrease Indent : untuk menggeser baris
NNNN.
kedua paragraf ke kiri
OOOO.
Increase Indent : untuk menggeser baris
PPPP.
kedua paragraf ke kanan
QQQQ.
Left-to-Right : untuk menjadikan arah teks
RRRR.
berjalan dari kiri ke kanan (format Latin)
SSSS.
Right-to-Left : untuk menjadikan arah teks
TTTT.
berjalan dari kanan ke kiri (format Arab)
UUUU.
Sort : untuk menyortir data
VVVV.
Show Paragraph Marks : untuk menampilkan /
WWWW.
menyembunyikan tanda koreksi paragraf
XXXX.
Align Text Left : untuk mengatur teks rata
YYYY.
kiri
ZZZZ.
Center : untuk mengatur teks rata tengah
AAAAA.
Align Text Right : untuk mengatur teks rata
BBBBB.
kanan
CCCCC.
Justify : untuk mengatur teks rata kanan-kiri
DDDDD.
Line Spacing : untuk mengatur jarak antar
EEEEE.
baris teks
FFFFF.
Shading : untuk mengatur warna latar teks
GGGGG.
terpilih
HHHHH.
Border : untuk memberikan garis tepi pada
IIIII.
teks terpilih.
JJJJJ.
Group Styles terdiri dari dua menu. Yaitu:
KKKKK.
Heading Styles : berisi pilihan format judul/
LLLLL.
subjudul dari paragraf terpilih
MMMMM.
Change Styles : berisi pilihan pengaturan tema
NNNNN.
paragraf
OOOOO.
Secara umum group Editing terdiri dari Find,
PPPPP.
Replace, dan Select. fungsinya adalah:
QQQQQ.
Find : untuk mencari kata tertentu
RRRRR.
berdasarkan keyword tertentu dalam suatu
SSSSS.
file
TTTTT.
Replace : untuk mencari dan mengganti kata
UUUUU.
yang ditemukan untuk d
VVVVV.
Microsoft Word
PENGOPERASIAN MICROSOFT WORD
1. Membuat
halaman dengan cover yang
tidak ikut memiliki halaman
·
Klik insert
·
Klik page number
·
klik model page
yang disukai
·
klik design
·
klik different
first page
·
klik lagi insert
·
page number
·
format page
number
·
tulis di start at : 0
·
OK.
2.
Membuat halaman untuk kata pengantar, daftar isi dan
pendahuluan dengan angka romawi .
·
Klik insert
·
Klik page number
·
Klik model page yang disukai
·
Klik design
·
Klik page number
·
Klik format page number
·
Ubah number format menjadi angka romawi
·
Tulis start at 1 , karena 0 itu merupakan cover
·
Klik OK
3. Membuat
Kutipan
Dimakalah :
·
letakkan kursos
di akhir kata yang akan di kutip
·
klik References
·
klik insert
Citation
·
klik add new
sources
·
isi semua data
yang diminta
·
OK.
4. Membuat
Daftar Pustaka
·
Buka lembar daftar pustaka
·
Klik Reference
·
klik
Bibliography
·
klik
bibliography lagi
Hasilnya :
5. Mengurutkan
Daftar Pustaka
·
Block semua
daftar Pustaka yang akan diurutkan
·
klik Home
·
klik icon sort.
·
Klik OK
Hasilnya :
6. Mengganti
margins dari inchi ke centimeter ataupun sebaliknya
·
Klik office
button
·
klik word
options
·
klik advanced
·
Lihat Display
·
Gantikan show measurements in units of dari centimeter ke
inchis
·
Atau gantikan dari inchis ke centimeter
·
OK
7. Memberikan
Comments untuk perbaikan
pada makalah atau skripsi
·
Block tekt yang
akan di beri comment
·
klik Review
·
klik New comment
·
Tulis yang akan di comment
8. Menghapus
comment untuk tulisan yang sudah diperbaiki
·
Blok comment
yang akan di hapus
·
klik review
·
klik delete.
·
Hasilnya :
9.
Mencoret kata-kata yang salah
·
Blok tulisan yang akan di coret
·
Klik Home
·
Pilih ikon striketrough
·
Hasilnya :
10. Meneruskan Judul Tabel di halaman pertama untuk ke halaman Kedua dan
Seterusnya
·
Blok judul yang
akan kita teruskan
·
Klik Layout
·
klik Repeat
header rows.
Hasilnya :
11. Membuat
Jumlah, Rata-rata pada Tabel
·
Letakkan kursor
pada baris bawah pada table yang akan dijumlahkan
·
klik Layout
·
klik formula
·
untuk jumlah isi
kolom formula dengan =SUM(ABOVE)
·
klik OK.
Hasilnya :
·
Sedangkan untuk
rata-rata isi formula dengan =AVERAGE(ABOVE)
·
Klik OK.
BAB
III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Dari uraian diatas maka penulis mengambil kesimpulan :
1.
Di era globalisasi ini
sangat di perlukan khususnya bagi pelajaar untuk menguasai ilmu komputer
seperti Ms. Office (Word, Excel dan PowerPoint).
2.
Para guru minimal harus
tahu cara mengoperasikan Komputer terutama Ms. Word.
3.
Ms. Word sebagai salah satu
ilmu komputer yang paling banyak dioperasikan di seluruh dunia.
B.
Saran
Perkembangan dunia di era globalisasi ini memang banyak
menuntut perubahan kesistem pendidikan nasional yang lebih baik serta mampu
bersaing secara sehat dalam segala bidang. Salah satunya adalah ilmu Komputer
yang harus di lakukan bangsa Indonesia agar tidak semakin ketinggalan dengan
negara-negara lain adalah dengan meningkatkan kualitas pendidikannya terlebih dahulu.
Untuk mewujudkan impian tersebut maka penulis merasa
tugas pembuatan makalah mengenai Ms. Word ini sangatlah penting bukan hanya
bagi penulis tapi juga bagi pembacanya. Semoga dengan adanya makalah ini kita
semua lebih mengerti lagi mengenai apa itu komputer dan Ms. Word.
DAFTAR
PUSTAKA
http
://tri-irawanto.blogspot.com / 2012/11/makalah-microsoft-office-word.html
http
://arfanpkc.blogspot.com / 2012/11/makalah-makalah-microsoft-office.html
http
://nurhidayatdayat34.blogspot.com / 2013/01/makalah-microsoft-wordmicrosoft
4.html
http
://readdanerayhan.blogspot.com / 2011/01/21/makalah-microsoft-office-word.html
http
://tyaeducationcomputer.blogspot.com /
2008/04/makalah-microsoft-office-word.html
http
://docs.google.com / document/d/1qXurs4vr8ntgbcd9mP0czfyB5Rmikh6v82xn9fvz8ro/edit?pli=1.
Mudyahardjo, Redja. 2001. Pengantar Pendidikan
Komputer. Jakarta: Rajawali Pers Tirtarahardja, U. Dan La Sula. 2000.
Pengantar Pendidikan Jaringan Komputer. Jakarta :
PT. Rineka Cipta TIM Dosen FIP. 1995. Pengantar dasar-dasar Kependidikan.
Surabaya : Usaha nasioanal.
PC Media. 2004. Berbagai Jenis Komputer. 12. 2004.
Hlm. 10.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar