animasi  bergerak gif
My Widget
HeLsY DinaFitri'S BloG
Image by Cool Text: Free Graphics Generator - Edit Image

Rabu, 02 Oktober 2013

Makalah Komputer Microsoft Word


Komputer Dalam Pembelajaran Fisika
Makalah Ini Disusun Untuk Memenuhi
Tugas Kelompok
 





Disusun Oleh :
KELOMPOK 2 :
*       Helsy Dinafitri  (06121011020)
*   Nia Nopeliza     (06121011021)
*      Dwi Suseno Wati (06121011039)

DOSEN PEMBIMBING :
Dr. Ketang Wiyono, S.Pd., M.Pd.

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SRIWIJAYA
2013/2014


KATA PENGANTAR

Microsoft word adalah program yang sangat popular di Indonesia saat ini, dan telah menjadi standar bagi kantor-kantor modern. Hal ini karena kemudian dalam mengoperasikan, dan banyaknya fasilitas. Mulai dari pembuatan naskah sederhana sampai yang rumit dapat di tangani dengan mudah oleh word.
Makalah ini di tujukan untuk dapat menguasai Ms. Word dengan mudah dan cepat. Disusun dengan urutan dari memformat halaman (setup halaman), membuat naskah yang sederhana, memformat dokumen, fasilitas-fasilitas bantu untuk memudahkan mempercepat pekerjaan, pembuatan tabel dan seterusnya. Semuanya disusun dengan urutan  langkah disertai contoh soal.
Memang makalah ini ditujukan untuk pegangan dalam mengikuti kursus, sehingga berbagai variasi mungkin akan ditemukan dalam pertemuan dikelas, tergantung dari keaktifan perserta. Namun demikian juga akan mudah dipakai untuk mengulang pelajaran di rumah.
Di harapkan peserta dapat mengembangkan kemampuan-kemampuan dan petunjuk umum agar dapat mengerjakan bentuk-bentuk naskah sejenis.
Akhirnya kami berharap semoga makalah ini dapat bermanfaat.


Penyusun.











DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR.......................................................................... i
DAFTAR ISI......................................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN................................................................... 1
1.1  Latar Belakang................................................................................. 1
1.2  Tujuan.............................................................................................. 1
1.3  Manfaat............................................................................................ 1
BAB II PEMBAHASAN..................................................................... 2
2.1  Sejarah Microsoft Word.................................................................. 5
2.2  Pengertian Microsoft Word............................................................ 5
2.3  Fungsi Microsoft Word................................................................... 5
2.4  Memulai Mengoperasikan Microsoft Word.................................... 7
     2.5 Toolbar Menu.................................................................................. 13
.... 2.6 Pengoperasian Microsoft word........................................................17
BAB III PENUTUP............................................................................. 37
3.1 Kesimpulan..................................................................................... 37
3.2 Saran............................................................................................... 37
DAFTAR PUSTAKA......................................................................... 38










BAB I
PENDAHULUAN

A.       LATAR BELAKANG
Pada saat ini kemajuan teknologi, menyebabkan kebutuhan manusia semakin bertambah, terdapat keterkaitan antara kemajuan teknologi dengan bertambahnya kebutuhan manusia, yaitu kebutuhan manusia menjadi lebih mudah untuk dipenuhi.
Secara tidak lansung manfaat dari berkembangnya teknologi adalah membantu manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Seperti aplikasi microsoft office, aplikasi ini sangat membantu para pekerja kantoran, mahasiswa, pelajar, dan masih banyak lagi. Salah satu  bagian dari microsoft office adalah mincrosoft office word.

B.      Tujuan
       Setelah membaca makalah ini, pembaca diharapkan untuk dapat :
1.      Memehami cara memulai, menjalankan, dan mengakhiri perangkat lunak microsoft office word.
2.      Mengoperasikan fungsi menu-menu microsoft office word.
3.      Mengoperasikan perintah cetak pada microsoft office word.
4.      Mampu menggunakan / mengaplikasikan penggunaan microsoft office word dalam kehidupan sehari-hari.

C.      Manfaat
Setelah mempelajari makalah ini, diharapkan untuk dapat :
1.      Memahami cara mengoperasikan.
2.      Mengoperasikan fungsi menu-menu yang ada.
3.      Menggunakan fungsi mencetak hasil pengolahan,dan



BAB II
PEMBAHASAN

A.    Sejarah Microsoft office
Microsoft office adalah sebutan untuk paket aplikasi perkantoran buatan Microsoft dan dirancang untuk dijalankan di bawah sistem operasi Windows. Beberapa aplikasi di dalam Microsoft Office yang terkenal adalah Excel, Word, Access dan PowerPoint.
Microsoft Word atau Microsoft Office Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word.
Perkembangan
1.           Microsoft Office 3.0
Microsoft Office 3.0 dirilis pada bulan Agustus 1992, berisi Word 2.0, 4.0 Excel, PowerPoint 3.0 dan Mail 3.0. Ini adalah versi pertama Office yang juga dirilis pada CD-ROM. Pada tahun 1993, Microsoft Office Professional dirilis, yang ditambahkan Microsoft Access 1.1.
2.           Microsoft Office 4.0, 4.1, 4.2
Microsoft Office 4.0 dirilis berisi Word 6.0, 4.0 Excel, PowerPoint 3.0 dan Mail. Word 6.0 sebagian sudah ada versi Macintosh Word 3, 4 dan 5 (Excel dan PowerPoint sudah bernomor sama dengan versi Macintosh).
3.           Microsoft Office 95
Dirilis pada bulan Agustus 1995. Sekali lagi, nomor versi yang diubah untuk menciptakan paritas di paket . Office 95 tersedia dalam dua versi, Office 95 Standard dan Office 95 Professional. Versi standar terdiri dari Word 7.0, Excel 7.0, 7.0 PowerPoint, dan Schedule + 7.0. Edisi profesional berisi semua item dalam versi standar ditambah Access 7.0. Jika versi profesional dibeli dalam bentuk CD-ROM, juga termasuk Bookshelf.
4.           Microsoft Office 97
Versi ini dirilis dengan banyak fitur dan pengembangan dibandingkan versi sebelumnya. Pengenalan terhadap command bar, sesuatu hal yang baru dimana menu dan toolbar dibuat lebih mirip dengan visual design-nya. Office 97 juga memiliki fitur Natural Language System dan Sophisticated Grammar Checking. Ini versi yang pertama kalinya menggunakan Office Assistant.
5.           Microsoft Office 2000
Pada versi ini banyak opsi – opsi disembunyikan. Tentunya opsi tersebut juga penting, tetapi kecil penggunaannya oleh orang awam. Jika ingin digunakan opsi ini dapat dimunculkan. Salah satunya adalah Macro. Mengapa disembunyikan? Karena bisa menyebarkan virus macro. Office 2000 adalah versi terakhir yang bisa dijalankan di Windows 95. Pada versi ini juga tidak ada Product Activation. Enak kan? Product activation mulai ada di versi selanjutnya.
6.           Microsoft Office XP (2002)
Dirilis bersamaan dengan Windows XP, dan merupakan upgrade besar dengan berbagai perangkat tambahan dan perubahan atas Office 2000. Office XP memperkenalkan fitur Safe Mode, yang memungkinkan aplikasi seperti Outlook untuk boot jika dinyatakan mungkin gagal. Kantor Safe Mode memungkinkan untuk mendeteksi dan memperbaiki atau memotong sumber masalah, seperti registry yang rusak atau rusak add-in. Tag Smart adalah sebuah teknologi diperkenalkan dengan Office XP. Beberapa tag cerdas beroperasi berdasarkan aktivitas pengguna, seperti membantu dengan kesalahan mengetik. Tag ini pintar yang disertakan dengan produk, dan tidak diprogram. Untuk pengembang, meskipun, ada kemampuan untuk membuat tag kustom cerdas. Dalam Office XP, tag kustom pintar bias bekerja hanya dalam Word dan Excel. Microsoft Office XP termasuk perintah suara terintegrasi dan kemampuan dikte teks, serta pengenalan tulisan tangan. Office XP adalah versi terakhir untuk mendukung Windows 98, ME dan NT 4.0. Ini adalah versi pertama membutuhkan Aktivasi Produk sebagai tindakan anti-pembajakan, yang menarik kontroversi luas.
7.           Microsoft Office 2003 S
Sesuai namanya, versi ini dirilis pada tahun 2003. Dengan fitur logo baru. Dua aplikasi baru juga ada yaitu, Microsoft InfoPath dan OneNote. Ini versi yang pertama kalinya menggunakan gaya Windows XP beserta Icon-nya. Outlook 2003 memberikan fungsi yang telah berkembang seperti Kerberos authentication, RPC over HTTP, dan Cached Exchange Mode. Pada versi ini juga ada penyaring junk mail yang telah dikembangkan. Office 2003 merupakan versi terakhir yang mendukung Windows 2000. Versi ini juga merupakan versi yang paling banyak dipakai di Indonesia terutama untuk Rental dan Warnet dalam  kurun waktu terakhir 2009.
8.            Microsoft Office 2007
Dirilis pada tahun 2007. Fitur baru Office 2007 ini termasuk antarmuka pengguna grafis baru yang disebut Fluent User Interface, menggantikan menu dan toolbar yang telah menjadi landasan Kantor sejak awal dengan toolbar tab, yang dikenal sebagai Pita; baru format file berbasis XML yang disebut Open Office XML, dan masuknya Groove, aplikasi perangkat lunak kolaboratif.
9.           Microsoft Office 2010
Diselesaikan pada tanggal 15 April 2010, dan dibuat tersedia bagi konsumen pada tanggal 15 Juni 2010. Office 2010 diberi nomor versi 14,0, untuk menghindari nomor versi 13.0 karena takhayul yang berhubungan dengan nomor tiga belas. Fitur utama dari Office 2010 termasuk menu file belakang panggung, alat-alat kolaborasi baru, pita disesuaikan, melihat dilindungi dan panel navigasi. Microsoft Office 2010 juga dilengkapi dengan logo baru, yang mirip dengan logo 2007, kecuali di emas, dan dengan bentuk yang sedikit dimodifikasi.
10.       Microsoft Office 13
Office 2013 lebih berbasis cloud dari versi sebelumnya. Hal ini terkenal sebagai lokasi default save adalah pengguna SkyDrive . Microsoft Office 2013 termasuk dukungan diperbarui untuk ISO / IEC 29500, versi Standar Internasional Office Open XML (OOXML) format file serta OASIS ODF 1.2 yang Office 2013 dapat membaca dan menulis. Fitur baru juga termasuk modus Baca baru di Word, mode Presentasi dalam PowerPoint dan sentuhan ditingkatkan dan tinta dalam semua program Office. Microsoft Word juga dapat menyisipkan video dan audio dari sumber online serta kemampuan untuk menyiarkan dokumen di Web

B.     PENGERTIAN MICROSOFT WORD
Microsoft Word atau Microsoft Office Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word.

C.     FUNGSI MICROSOFT WORD
          Sebagaimana yang kita ketahui, MS WORD dipergunakan untuk membantu pembuatan dokumen berupa laporan ataupun makalah. Namun, adakalanya kita lupa memanfaatkan berbagai fasilitas yang ada dalam  MS WORD, padahal dengan memanfaatkan fasilitas tersebut dapat membantu mempercepat pembuatan dokumen. Oleh karena itu, tulisan ini bertujuan untuk mengingatkan kembali (terutama untuk saya pribadi) berbagai fasilitas yang ada dalam MS WORD.
  1. Jenis huruf
Agar dokumen yang dihasilkan tidak terlalu banyak mengalami editing dalam masalah “font”, sebaiknya tentukan dulu default font yang akan dipergunakan. (Menu Home+ Font)
  1. Pembuatan Numbering
Biasanya, pembuatan suatu dokumen mengacu kepada peraturan tertentu dalam pembuatan dokumen (misal Bab I Pendahuluan, Bab II Tinjauan Pustaka). Oleh karena itu, harus didefinisikan terlebih dahulu mengenai numbering yang sesuai dengan peraturan pembuatan suatu dokumen.
3.      Pembuatan Outline
Biasakan bekerja dengan dokumen view berupa Outline. (Menu View + Document Views + Outline). Hal ini akan memudahkan kita untuk membuat poin-poin penting yang akan dituangkan dalam dokumen. Pembuatan dokumen dalam bentuk outline, minimal sampai dengan level 3. Ada kalanya pada saat perpindahan dari level 1 ke level 2 kita diharuskan untuk mengubah list level (Menu home+ Multiple List+Change List Level)
  1. Pemakaian Break Section
Biasanya dalam suatu dokumen  terdapat perbedaan jenis penomoran halaman untuk tiap section (misalnya : halaman sampul biasanya tidak ada nomor halaman, Kata Pengantar & Daftar Isi & Daftar Tabel diberi nomor halaman jenis “i, ii, iii,…” ,  Bab I dst diberi nomor jenis “1,2,3…”) Oleh karena itu untuk setiap pergantian jenis halaman tersebut diberikan break section. ( Menu Page Layout +Break +Next Page).
  1. Penomoran Halaman
Seperti yang telah disebut pada poin 4, maka penomoran halaman akan menggunakan fasilitas break section. Setiap section diberi nomor halaman seperti yang dikehendaki ( Menu insert + Page Number + Format Page Number + Page numbering + start at  … kemudian pilih letak nomor halaman bottom atau top of page) khusus halaman sampul, biasanya tidak ada nomor halaman, oleh karena itu header/footer nya perlu diedit (Menu insert + header/footer + edit header/footer + Design + pilih different first page)
  1. Pembuatan Daftar Tabel
Tabel/Gambar/Bagan yang dibuat diusahakan diberi caption yang terdiri dari judul bab dan nomor gambar. (Menu References + insert Caption… pada option pilih label yang diinginkan, hilangkan tanda centang pada exclude label from caption). Untuk pembuatan daftar tabel/gambar/bagan maka pilih menu references + insert table of figures) maka daftar tabel dapat muncul secara otomatis. Apabila ada perubahan posisi halaman pada tabel/gambar/bagan, maka daftar tabel tinggal diklik kanan pilih update field.
  1. Pembuatan Daftar Isi
Pembuatan daftar isi secara otomatis adalah dengan memilih references + table of contents. Apabila ada perubahan dalam letak halaman maka daftar isi tinggal di update (sama seperti update daftar tabel)
  1. Editing dengan Document Map
Agar editing yang dilakukan dapat dilakukan dengan cepat maka dapat memanfaatkan fasilitas document map (Menu View + document map). Dengan fasilitas ini, perpindahan halaman yang akan diedit dapat berlangsung lebih cepat)

Memulai Mengoperasikan Microsoft Word
1.      Membuka Microsoft Word
Untuk membuka Microsoft Word, ada beberapa cara , Diantaranya adalah :
a.       Klik Tombol Start yang ada di taskbar.
b.      Pilih menu Program
c.       Kemudian pilih dan klik program aplikasi Microsoft Word.Tunggu sampai jendela program Microsoft Word ditampilkan.

A.    Membuat Dokumen Baru
Jika kita baru memulai mengoperasikan Microsoft Word, biasanya akan langsung ditampilkan dokumen kosong yang siap untuk ditulisi. Namun, jika komputer tidak secara otomatis menyediakan dokumen kosong, cara berikut ini bisa menjadi alternatif dalam membuat dokumen baru.
1.      Pada jendela Microsoft Word , pilih menu File, klik tombol New, kemudian klik tombol General.
2.      Double klik pada icon Blank Document untuk membuat dokumen baru.
3.      Jendela siap untuk digunakan pengetikan.
Atau bisa juga menggunakan alternatif lain :
1.      Klik tombol New Document yang ada pada baris menu.
2.      Pada jendela program Microsoft Word, dapat kita pilih menu File | New, maka setelah kita memilih Blank Document, dokumen kosong akan ditampilkan pada layar komputer anda.
3.      Selain kedua alternatif di atas, bisa juga dengan langsung menekan tombol Ctrl+N, maka dokumen baru akan ditampilkan di layar anda.

B.     Membuka file yang sudah tesimpan
1.      Klik menu File dan klik tombol Open, maka akan tampil kotak dialog Open.
2.      Pilih file yang ingin dibuka dengan menentukan letak foldernya terlebih dahulu.
3.      Klik pada nama file yang akan dibuka.
4.      Klik tombol Open, maka file yang tadi dipilih akan dibuka oleh Microsoft Word.

C.    Menyimpan Dokumen
1.      Segera setelah memulai pengetikan, sebisa mungkin dilakukan penyimpanan. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga kemungkinan kehilangan dokumen.
2.      Pada jendela Microsoft Word , pilih menuFi l e, klik tombol Save.
3.      Pada layar akan ditampilkan kotak dialog Save. Ketikkan nama file dokumen, dan klik Save. Lakukan penyimpanan file sesering mungkin, untuk menghindari kemungkinan komputer padam secara mendadak.

D.    Menutup File Dokumen
1.      Setelah menyimpan file dokumen, untuk menutup file, pada jendela Microsoft
Word, pilih menuFile, klik tombol Close, maka Microsoft Word akan menutup
file dokumen yang sedang aktif.
2.      Atau bisa dilakukan dengan menekan tombol close pada baris menu.

E.     Menutup Jendela Microsoft Word
1.      Pada jendela Microsoft Word, pilih menuFile, klikExit, maka jendela Microsoft Word akan tertutup.
2.      Pastikan bahwa dokumen yang telah anda ketik sudah tersimpan dengan benar.
3.      Selain dengan menu File, menutup jendela Microsoft Word juga dapat dilakukan dengan mengklik tombol X yang terletak di pokok kanan atas dari jendela Microsoft Word.

F.     Mengetik Dokumen Sederhana
Pada saat memulai program aplikasi Microsoft Word , secara otomatis, dokumen baru yang masih kosong yang diberi nama Document1 akan ditampilkan dan siap digunakan.Setiap mengetikkan teks, teks yang Anda ketik akan muncul di posisi kursor dan kursor akan bergeser ke kanan. Anda dapat memindahkan kusor dengan keyboard atau mouse. Jika teks yang yang sedang anda ketik mencapai akhir dari baris, maka teks tersebut akan dilipat dan kursor secara otomatis pindah ke awal baris berikutnya. Bila perlu tekan tombolEn ter untuk memindahkan titik sisip ke baris berikutnya., hanya jika anda ingin memulai pengetikan di baris baru sbelum mencapai batas kanan, membuat baris kosong atau memulai paragraf baru.
Microsoft Word mendefinisikan sebuah paragraf sebagai sejumlah karakter, kata, atau kalimat yang diakhiri dengan tanda paragraf. Tanda paragraf akan disisipkan pada waktu anda menekan tombolEn ter. Tanda paragraf ini penting untuk mengetahui di mana suatu paragraf dimulai dan berakhir pada dokumen anda. Dalam keadaan defaultnya, tanda paragraf ini tidak ditampilkan. Sebagai contoh, cobalah untuk mengetik surat sederhana berikut pada Dokumen 1 yang masih kosong, dan simpan dokumen tersebut dengan nama Undangan Training.

G.    Mengedit Teks
Jika anda membuat kesalahan selam proses pengetikan, Anda dapat
memperbaikinya dengan berbagai cara berikut ini :
·         Tekan tombol Backs Space untuk menghapus satu karakter di kiri titik sisip.
·         Tekan tombol Delete untuk menghapus karakter di kanan titik sisip.
·         Untuk melakukan pengulangan dari teks yang baru Anda ketik, pilih menu Edit, Repeat Typing (Ctrl+Y).
·         Untuk menghapus teks yang baru saja Anda ketik, pilih dan klik menu Edit, Undo Typing (Ctrl+Z) atau klik tombol Undo pada toolbar Standard.
·         Untuk pindah ke baris baru tanpa menyisipkan sebuah tanda paragraf, tekan tombol Shift+Enter.

H.    Meng-Copy / Menyalin Teks
Untuk menyalin teks yang Anda pilih ke lokasi lain, ikuti langkah berikut ini :
1.      Pilih teks yang akan Anda salin.
2.      Kemudian pilih dan klik menu Edit, Copy (Ctrl+C).
3.      Tempatkan titik sisip di lokasi baru.
4.      Kemudian pilih dan klik menu Edit, Paste (Ctrl+V).

I.       Men-Delete / Menghapus Teks.
Untuk menghapus teks yang telah Anda pilih, ikuti langkah berikut ini.
1.      Pilih teks yang akan anda hapus.
2.      Kemudian pilih dan klik menu Edit, Clear atau tekan tombol Delete.

J.      Meng-Cut-Paste/Memindahkan Teks.
Untuk memindahkan teks yang Anda pilih ke lokasi yang baru, ikuti langkah
berikut ini :
1.      Pilih teks yang akan Anda pindahkan
2.      Kemudian pilih dan klik menu Edit, Cut (Ctrl+X).
3.      Tempatkan titik sisip pada lokasi baru.
4.      Kemudian pilih dan klik menu Edit, Paste (Ctrl+V).

K.    Format Teks
·         Pilih atau sorot teks yang akan anda format, kemudian atur formatnya sesuai yang anda inginkan.
·         Tempatkan titik sisip pada posisi awal pengetikan teks,atur formatnya, kemudian ketik teks yang Anda inginkan.
Dengan cara ini, semua teks yang Anda ketik mulai dari posisi titik sisip akan mengikuti format yang Anda pilih sampai Anda melakukan perubahan kembali ayau memindahkan posisi titik sisip ke bagian lain pada dokumen.

L.     Mengubah Jenis dan Bentuk Huruf (Font)
Setiap jenis dan bentuk huruf (Font) mempunyai nama, misalnya Arial, Times, Courier, dan lain-lain. Untuk mengubah Font dari teks yang sebelumnya adalah :
·         Pilih atau sorot teks yang akan Anda ubah fontnya.
·         Pilih dan klik font yang Anda inginkan pada tombol daftar pilihan font yang
terdapat pada baris toolbar Formatting atau tekan tombolCtrl+S h if t+F.

M.   Mengubah Ukuran Huruf (Font Size)
Semua teks yang anda ketikkan pada dokumen baru dengan menggunakan template Blank Document akan memakai pilihan default font Times New Roman dengan ukuran huruf 10 point. Untuk mengubah ukuran huruf (font size) dari teks yang sebelumnya anda ketik, ikuti langkah berikut ini :
§  Pilih atau sorot teks yang akan anda ubah ukurannya.
§  Pilih dan klik ukuran yang anda inginkan pada tombol daftar pilihan Font Size yang terdapat pada baris toolbar formatting atau tekan tombol Ctrl+Shift+P.

N.    Mengatur Format Paragraph
Dalam Microsoft Word, paragraf adalah segala sesuatu yang diakhiri dengan menekan tombolEn ter. Paragraf mungkin berupa judul laporan, bagian suatu daftar, baris kosong di antara dua paragraf, sekumpulan teks atau kalimat yang mempunyai satu pemikiran. Anda dapat mengatur format paragraf dengan
menggunakan salah satu cara berikut ini :
§  Pilih paragraf yang akan anda format, kemudian atur formatnya sesuai dengan keinginan anda.
§  Tempatkan pada titik sisip pada posisi awal pengetikan paragraf atau
formatnya, kemudian ketik paragraf yang Anda inginkan. Dengan cara ini,
semua paragraf yang anda ketik mulai dari posisi titik sisip akan mengikuti
format yang anda pilih sampai anda melakukan perubahan kembali atau
memindahkan posisi titik sisip ke bagian lain pada dokumen.

O.    Mencetak Dokumen
Apabila anda ingin mencetak dokumen anda, dokumen tersebut harus sudah diaktifkan atau ditampilkan di layar. Untuk mencetak dokumen yang sedang aktif di layar, ikuti langkah berikut ini :
1.      Pilih dan klik menu File, Print (Ctrl+P). Kotak dialog Print akan ditampilkan.
2.      Pada tombol daftar pilihanName, pilih dan klik printer driver yang anda inginkan.
3.      Anda dapat menentukan halaman yang akan anda cetak, dengan cara melakukan pemilihan dan pengisian pada kotak Page Range.
• Klik tombol pilihan All, jika Anda bermaksud mencetak seluruh isi dokumen.
 Klik tombol pilihan Selection , bila Anda ingin mencetak teks yang anda pilih.
4.      Apabila anda ingin mencetak dokumen tersebut lebih dari sati kali, isilah kotak isian Number of Copies dengan jumlah salinan yang anda inginkan.
5.      Pada tombol daftar pilihan Print what, pilih Document bila ingin mencetak isi dokumen.
6.      Tentukan halaman yang akan dicetak pada tombol pilihan Print.
• All pages in range, bila anda ingin mencetak halaman ganjil maupun halaman genap.
• Odd pages, jika Anda ingin mencetak halaman ganjil saja.
• Even pages,
7.       Klik OK.
P.     Mengakhiri Microsoft Word
Setalah seluruh kegiatan pengetikan, pengeditan, dan juga pencetakan dokumen selesai, maka kita dapat mengakhiri operasi Microsoft Word setelah terlebih dahulu kita memastikan bahwasannya dokumen sudah tersimpan dengan baik. Jika belum, maka simpanlah dokumen yang telah anda ketik dan edit erlebih dahulu, baru kemusian keluar dari Microsoft Word.
Untuk keluar dari Microsoft Word, dapat dipilih di antara cara-cara berikut ini :
1.      Pilih dan klik tombol pada menu File, Exit .
2.      Klik tombol bertanda silang pada pojok kanan atas jendela Microsoft Word.
3.      Tekan Alt +F4

TOOL BAR MENU
Q.    Bagian-bagian yang ada pada Microsoft word beserta fungsinya
Secara umum, Office Button terdiri dari dua area, yaitu area kiri dan area kanan. Area kiri berisi perintah seperti New, Open, Save, Save As, Print, Prepare, Send, Publish, dan Close. Sedangkan di area kanan berisi pintasan file dokumen yang baru-baru ini dibuka. Pada bagian bawah flyout ini terdapat dua tombol perintah, yaitu Word Option (digunakan untuk melakukan properti terhadap
R.     MS Word 2007) dan Exit Word (digunakan
S.      untuk menutup jendela MS Word). Berikut ini
T.      adalah contohnya.
U.     Nama Icon Keterangan
V.     New digunakan untuk membuat file dokumen kosong
W.   baru
X.     Open digunakan untuk membuka file dokumen yang
Y.     tersimpan
Z.      Save perintah untuk menyimpan file dokumen aktif
AA.                       Save As digunakan untuk menyimpan file dokumen ke
BB.dalam format tertentu
CC.Print digunakan untuk mencetak file dokumen yang
DD.                       sedang aktif
EE. Prepare digunakan untuk melakukan properti khusus
FF.  terhadap file dokumen aktif
GG.                       Send digunakan untuk mengirimkan file dokumen
HH.                       aktif sebagai email / faksimile
II.     Publish perintah untuk menerbitkan dokumen aktif ke
JJ.    website / blog / dll
KK.                       Close digunakan untuk menutup file dokumen aktif
LL. Tab Home terdiri dari lima Group yaitu,
MM.                     Clipboard, Font, Paragraph, Styles dan
NN.                       editing.
OO.                       Group Clipboard terdiri dari sekumpulan menu
PP.  yaitu:
QQ.                       Paste : untuk menempelkan hasil copy atau cut.
RR.Cut : untuk memotong teks/objek terpilih.
SS.  Copy : untuk menggandakan teks/objek
TT. terpilih.
UU.                       Format Painter : digunakan untuk meniru
VV.                       format halaman dokumen ke dalam dokumen
WW.                    lainnya.
XX.                       * Tombol panah kecil di sudut kanan-bawah
YY.                       setiap Group digunakan untuk mengakses
ZZ. pengaturan lanjutan mengenai fungsi suatu
AAA.                  Group.
BBB.                   Menu-menu di Group Font secara khusus
CCC.                   berfungsi untuk pemformatan seputar huruf.
DDD.                  Terdiri dari :
EEE.                     Font : untuk memilih jenis huruf
FFF.                      Font Size : untuk mengatur ukuran huruf
GGG.                  Grow Font : untuk memperbesar ukuran huruf
HHH.                  secara instan
III.   Shrink Font : untuk memperkecil ukuran huruf
JJJ. secara instan
KKK.                  Change Case : untuk mengubah status huruf
LLL.                     kapital/huruf kecil
MMM.               Clear Formatting : untuk menghapus
NNN.                  pemformatan teks terpilih
OOO.                  Bold : untuk menebalkan teks terpilih
PPP.                      Italic : untuk memiringkan Teks terpilih
QQQ.                  Underline : untuk memberikan garis bawah
RRR.                   pada teks terpilih
SSS.                      Strikethrough : memberikan tanda coret
TTT.                     padateks terpilih
UUU.                  Subscript : untuk mengetik karakter
VVV.                  pemangkatan
WWW.             Superscript : untuk mengetik karakter
XXX.                  pemangkatan
YYY.                  Text Effect : untuk memberikan efek artistik
ZZZ.                     pada teks terpilih
AAAA.            Text Highlight Color : untuk memberikan
BBBB.              warna stabilo di belakang teks terpilih
CCCC.              Font Color : untuk mengatur warna teks
DDDD.            terpilih.
EEEE.                Group Paragraph terdiri dari sekumpulan menu
FFFF.                  yang memiliki kesamaan fungsi untuk mengatur
GGGG.            paragraf teks. perintah-perintah di Group
HHHH.            Paragraph yaitu:
IIII.Bullets : untuk memberikan tanda bullet di
JJJJ.                      tiap paragraf terpilih
KKKK.            Numbering : untuk memberikan format
LLLL.                penomoran di tiap paragraf terpilih
MMMM.        Decrease Indent : untuk menggeser baris
NNNN.            kedua paragraf ke kiri
OOOO.            Increase Indent : untuk menggeser baris
PPPP.                  kedua paragraf ke kanan
QQQQ.            Left-to-Right : untuk menjadikan arah teks
RRRR.              berjalan dari kiri ke kanan (format Latin)
SSSS.                  Right-to-Left : untuk menjadikan arah teks
TTTT.                berjalan dari kanan ke kiri (format Arab)
UUUU.            Sort : untuk menyortir data
VVVV.            Show Paragraph Marks : untuk menampilkan /
WWWW.      menyembunyikan tanda koreksi paragraf
XXXX.            Align Text Left : untuk mengatur teks rata
YYYY.            kiri
ZZZZ.                Center : untuk mengatur teks rata tengah
AAAAA.       Align Text Right : untuk mengatur teks rata
BBBBB.         kanan
CCCCC.         Justify : untuk mengatur teks rata kanan-kiri
DDDDD.       Line Spacing : untuk mengatur jarak antar
EEEEE.            baris teks
FFFFF.              Shading : untuk mengatur warna latar teks
GGGGG.       terpilih
HHHHH.       Border : untuk memberikan garis tepi pada
IIIII.                      teks terpilih.
JJJJJ.                   Group Styles terdiri dari dua menu. Yaitu:
KKKKK.       Heading Styles : berisi pilihan format judul/
LLLLL.            subjudul dari paragraf terpilih
MMMMM.  Change Styles : berisi pilihan pengaturan tema
NNNNN.       paragraf
OOOOO.       Secara umum group Editing terdiri dari Find,
PPPPP.              Replace, dan Select. fungsinya adalah:
QQQQQ.       Find : untuk mencari kata tertentu
RRRRR.         berdasarkan keyword tertentu dalam suatu
SSSSS.              file
TTTTT.            Replace : untuk mencari dan mengganti kata
UUUUU.       yang ditemukan untuk d
VVVVV.        Microsoft Word






PENGOPERASIAN MICROSOFT WORD
1.      Membuat halaman dengan cover yang tidak ikut memiliki halaman
·         Klik insert
·         Klik page number
·         klik model page yang disukai



·         klik design
·         klik different first page
·         klik lagi insert
·         page number
·         format page number
·          tulis di start at : 0
·         OK.

2.      Membuat halaman untuk kata pengantar, daftar isi dan pendahuluan dengan angka romawi .
·         Klik insert
·         Klik page number
·         Klik model page yang disukai
·         Klik design
·         Klik page number
·         Klik format page number
·         Ubah number format menjadi angka romawi
·         Tulis start at 1 , karena 0 itu merupakan cover
·         Klik OK

3.      Membuat Kutipan
Dimakalah :
·         letakkan kursos di akhir kata yang akan di kutip
·         klik References
·         klik insert Citation
·         klik add new sources
·         isi semua data yang diminta
·         OK.



4.      Membuat Daftar Pustaka
·         Buka lembar daftar pustaka
·         Klik Reference
·         klik Bibliography  


·         klik bibliography lagi

Hasilnya :

5.      Mengurutkan Daftar Pustaka
·         Block semua daftar Pustaka yang akan diurutkan
·         klik Home
·         klik icon sort.
·         Klik OK




Hasilnya :

6.      Mengganti margins dari inchi ke centimeter ataupun sebaliknya
·         Klik office button
·         klik word options

·         klik advanced
·         Lihat  Display
·         Gantikan show measurements in units of dari centimeter ke inchis
·         Atau gantikan dari inchis ke centimeter
·         OK
7.      Memberikan Comments untuk perbaikan pada makalah atau skripsi
·         Block tekt yang akan di beri comment
·         klik Review
·         klik New comment
·         Tulis yang akan di comment

8.      Menghapus comment untuk tulisan yang sudah diperbaiki
·         Blok comment yang akan di hapus
·         klik review
·         klik delete.
·         Hasilnya :

9.      Mencoret kata-kata yang salah
·         Blok tulisan yang akan di coret
·         Klik Home
·         Pilih ikon striketrough
·         Hasilnya :

10.  Meneruskan Judul Tabel di halaman pertama untuk ke halaman Kedua dan Seterusnya
·         Blok judul yang akan kita teruskan
·         Klik Layout
·         klik Repeat header rows.


Hasilnya :


11.  Membuat Jumlah, Rata-rata pada Tabel
·         Letakkan kursor pada baris bawah pada table yang akan dijumlahkan
·         klik Layout
·         klik formula
·         untuk jumlah isi kolom formula dengan =SUM(ABOVE)
·         klik OK.
Hasilnya :

·         Sedangkan untuk rata-rata isi formula dengan =AVERAGE(ABOVE)
·         Klik OK.









BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Dari uraian diatas maka penulis mengambil kesimpulan :
1.     Di era globalisasi ini sangat di perlukan khususnya bagi pelajaar untuk menguasai ilmu komputer seperti Ms. Office (Word, Excel dan PowerPoint).
2.     Para guru minimal harus tahu cara mengoperasikan Komputer terutama Ms. Word.
3.     Ms. Word sebagai salah satu ilmu komputer yang paling banyak dioperasikan di seluruh dunia.
B.     Saran
Perkembangan dunia di era globalisasi ini memang banyak menuntut perubahan kesistem pendidikan nasional yang lebih baik serta mampu bersaing secara sehat dalam segala bidang. Salah satunya adalah ilmu Komputer yang harus di lakukan bangsa Indonesia agar tidak semakin ketinggalan dengan negara-negara lain adalah dengan meningkatkan kualitas pendidikannya terlebih dahulu.
Untuk mewujudkan impian tersebut maka penulis merasa tugas pembuatan makalah mengenai Ms. Word ini sangatlah penting bukan hanya bagi penulis tapi juga bagi pembacanya. Semoga dengan adanya makalah ini kita semua lebih mengerti lagi mengenai apa itu komputer dan Ms. Word.









DAFTAR PUSTAKA

http ://tri-irawanto.blogspot.com / 2012/11/makalah-microsoft-office-word.html
http ://arfanpkc.blogspot.com / 2012/11/makalah-makalah-microsoft-office.html
http ://nurhidayatdayat34.blogspot.com / 2013/01/makalah-microsoft-wordmicrosoft 4.html
http ://readdanerayhan.blogspot.com / 2011/01/21/makalah-microsoft-office-word.html
http ://tyaeducationcomputer.blogspot.com / 2008/04/makalah-microsoft-office-word.html
http ://docs.google.com / document/d/1qXurs4vr8ntgbcd9mP0czfyB5Rmikh6v82xn9fvz8ro/edit?pli=1.
Mudyahardjo, Redja. 2001. Pengantar Pendidikan Komputer. Jakarta: Rajawali Pers Tirtarahardja, U. Dan La Sula. 2000.
Pengantar Pendidikan Jaringan Komputer. Jakarta : PT. Rineka Cipta TIM Dosen FIP. 1995. Pengantar dasar-dasar Kependidikan. Surabaya : Usaha nasioanal.
PC Media. 2004. Berbagai Jenis Komputer. 12. 2004. Hlm. 10.



1 komentar: