animasi  bergerak gif
My Widget
HeLsY DinaFitri'S BloG
Image by Cool Text: Free Graphics Generator - Edit Image

Sabtu, 07 Februari 2015

Makalah Jenis - Jenis Radiasi



Pengertian Radiasi
Dalam terminologi fisika, secara umum radiasi diartikan sebagai pancaran. Dalam kehidupan sehari-hari sebetulnya kita selalu berhubungan dengan radiasi ini. Matahari dikatakan sebagai sumber radiasi karena dapat memancarkan radiasi dalam bentuk cahaya. Mengingat cahaya dari permukaan matahari dapat mencapai bumi tanpa memerlukan medium atau penghantar, maka radiasi cahaya pada prinsipnya adalah perpindahan cahaya tanpa diperlukannya medium penghantar. Dengan demikian radiasi merupakan pancaran energi yang berasal dari proses transformasi atom atau inti atom yang tidak stabil. Ketidak-stabilan atom dan inti atom mungkin memang sudah alamiah atau buatan manusia, oleh karena itu ada sumber radiasi alam dan sumber radiasi buatan.

2.3 Jenis-jenis radiasi
Secara garis besar, berdasarkan kemampuan mengionisasi radiasi digolongkan kedalam radiasi pengion dan radiasi non-pengion.
2.3.1 Radiasi Pengion
Radiasi pengion adalah radiasi yang dapat mengionisasi atom-atom atau materi yang dilaluinya. Karena terjadi proses ionisasi ini maka pada materi yang dilalui radiasi akan terbentuk pasangan ion positif dan negatif. Secara garis besar, radiasi pengion dapat dibagi menjadi dua, yaitu radiasi dalam bentuk gelombang elektromagnetik dan radiasi dalam bentuk partikel. Selanjutnya radiasi partikel ini juga dapat dibagi menjadi dua, yaitu radiasi partikel bermutan listrik dan radiasi partikel tidak bermuatan listik. Klasifikasi radiasi secara keseluruhan adalah ditunjukan pada gambar berikut.
Lebih lengkap yuk KLIK disini :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar